Pengertian dan Sejarah Steinberg Cubase -

Home » , » Pengertian dan Sejarah Steinberg Cubase -

Pengertian dan Sejarah Steinberg Cubase - CREATIVE MUSIK LAB LOMBOK


Pengertian dan Sejarah Steinberg Cubase  - Steinberg Cubase adalah produk software musik yang dikembangkan oleh Jerman software dan peralat...

 Kelebihan dan Kekurangan Adobe Audition

 Pengertian dan Sejarah Adobe Soundbooth

Pengertian dan sejarah FL Studio

Pengertian dan Sejarah Multi Track Recording




Pengertian dan Sejarah Steinberg Cubase - 

SteinbergCubase adalah produk software musik yang dikembangkan oleh Jerman software dan peralatan musik perusahaan Steinberg untuk merekam musik, mengatur dan mengedit sebagai bagian dari Digital Audio Workstation. Versi pertama, yang berlari pada komputer Atari ST dan dicatat melalui MIDI saja, dirilis pada tahun 1989. Pada bulan Januari 2003, Steinberg diakuisisi oleh perusahaan AS Pinnacle Systems, di mana ia beroperasi sebagai perusahaan independen sebelum dijual ke Yamaha Corporation di Desember 2004.

Pengertian dan Sejarah Steinberg Cubase

Operasi

Cubase menciptakan proyek, yang memungkinkan operator untuk mengedit file MIDI, track audio baku, dan informasi terkait lainnya seperti lirik, dan sekarang mereka dalam berbagai format termasuk skor musik, mengedit konsol, daftar acara, dll Operator juga dapat mencampur berbagai trek ke dalam stereo wav mengajukan siap untuk dibakar ke CD dalam format Red Book, atau .mp3 dibakar ke CD atau DVD sebagai file, atau akan diterbitkan di Web.

Versi

·         Cubase 1.0 Atari, April 1989, Awalnya disebut Cubeat, nanti Cubit, tetapi berubah menjadi Cubase karena masalah merek dagang, ini adalah penerus Pro-24. Cubase untuk Atari adalah MIDI saja dan berlari di Atari 520ST dan Atari 1040ST komputer, asalkan mereka memiliki 1Mb RAM (520 dengan 1Mb RAM secara efektif 1040 pula). Untuk itu diperlukan penggunaan monokrom memantau Atari SM-124, yang memberi, untuk saat itu, resolusi mengesankan 640x400. Inovasi utama Cubase adalah grafik mengatur halaman, yang memungkinkan untuk representasi grafis dari komposisi menggunakan daftar vertikal trek dan waktu horisontal. Ini jauh lebih intuitif dan memungkinkan editing jauh lebih mudah daripada sistem sebelumnya daftar parameter. Sejak itu telah disalin oleh hampir setiap produk lain yang sejenis.

·         Cubase 1.0 Macintosh, 1990, Cubase 1.0 dirilis untuk komputer Apple Macintosh.

·         Cubase 2.0 Atari, April 1990, Hanya mendukung format "0" file MIDI.

·         Cubase Audio, 1991, Macintosh, versi ini mengandalkan sistem TDM dari Digidesign untuk bagian audio.

·         Cubase Audio 1993, Pers Atari Falcon 030. Versi ini membawa DSP built-in efek dengan 8-track rekaman audio dan playback hanya menggunakan hardware asli. Itu adalah solusi yang luar biasa untuk harga saat ini. Kemudian versi mengaktifkan mode 16-track menggunakan kompresi audio.

·         Cubase 3.0 Atari 1992.

·         Cubase untuk Windows 3.0, 1992.

·         Cubase Skor untuk Windows 3.11, 1993, Cubase Skor dirilis untuk Windows menawarkan Key, Daftar, logis, Drum, dan, tentu saja, editing skor dan fasilitas pencetakan. Sebuah Editor GM / GS juga disertakan.

·         Cubase 2.8 untuk Windows, 1996, The Atur Jendela didesain ulang. Fitur termasuk Frase Interaktif Synthesizer, CueTrax dan StyleTrax: "virtual Band".

·         Cubase Audio 1.6 Windows, tahun 1996, Cubase Audio 1.6 mendukung fungsi perekaman hard disk dari Session8 dan Yamaha CBX D3 / D5 Cubase Audio didukung baru kartu PCI AudioMedia III Digidesign ini. Digunakan bersama dengan AudioMedia III Cubase Audio memberi 8 track audio, EQ dan otomatisasi.
·         Cubase Audio 3.0 TDM untuk Macintosh, 1996, Cubase Audio 3.0 TDM memiliki hingga 16 Audio Tracks dengan TDM Dukungan untuk hingga 48 Tracks Audio fisik. Cubase Audio 3.0 TDM berisi semua fitur baru dari Cubase Skor 2.0. Hal ini juga memiliki OMS II Dukungan dan MovieManager Dukungan.

·         Cubase Audio XT 3.0, tahun 1996, ini dukungan hardware rilis provices diperpanjang tidak ditampilkan dalam versi lain dari cubase. Pilihan hardware termasuk Digidesign Sesi 8 & AudioMedia III PCI, Yamaha CBXD3 & CBXD5, Akai DR8 & DR16, & port Creamware Guru. Merekam beberapa lagu sekaligus mungkin. Salah satu versi terakhir dari cubase yang masih kompatibel dengan jendela 3.11

·         Cubase Skor 3.0,1996, Pada saat rilis ini, lineup cubase terdiri dari program berikut (dalam urutan hirarkis) Cubasis (midi), Cubasis Audio, Cubase (standar, termasuk audio), Cubase Score (Audio + Notasi), Cubase Audio XT (produk Flagship). Versi ini adalah upgradeable untuk Cubase Audio XT. Salah satu versi terakhir dari cubase masih kompatibel dengan jendela 3.11

·         Cubase VST3.0 Macintosh, 1996, hingga 32 track audio digital. Hingga 128 EQ realtime. Efek profesional rak dengan 4 prosesor multi-efek. Plug in antarmuka untuk eksternal plug-in, yang memungkinkan teknologi audio eksternal untuk diintegrasikan ke dalam lingkungan Cubase. Pencetakan skor profesional, hingga 60 tongkat per halaman, polifoni 8-suara. Memiliki bug membatasi memori di sistem host untuk 64 MB pada PowerMac. Akhirnya diselesaikan dengan patch.

·         Cubase VST3.5 Macintosh, Agustus 1997, akses terpisah untuk semua input audio + output dalam hubungannya dengan multi i / o hardware audio (amIII, 1212) melalui sistem audio routing yang fleksibel; baru plugin channel: chorus2, electrofuzz, wunderverb3; baru kalajengking Plugin induk; Pilihan backup melalui aliran dat

·         Cubase VST 3.5 untuk Windows 95, Oktober 1997, Windows Cubase VST tersedia hingga 32 track audio digital, 128 equalizers secara real time, efek dilengkapi rak dengan empat prosesor multi-efek, bagian utama dan plug-in antarmuka terbuka untuk tambahan efek real time dan alat menguasai. VST untuk Windows juga didukung Film Active kompatibel plug-in. Cubase VST Audio 3.5 + Wavelab 1.6 + Gelombang audiotrack dibundel dalam pertama "Produser Pac". Versi ini adalah windows asli 95 kode + adalah versi pertama cubase untuk jendela yang tidak sesuai dengan jendela 3.11

·         Cubase VST3.5.5 untuk Windows 95, 1998, fitur baru lainnya termasuk diperbarui pelaksanaan DirectX plug-in, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur daftar diinstal plug-in sesuai dengan preferensi pribadi. Dukungan untuk Recycle file ekspor (.REX file). Hal ini memungkinkan penggunaan 'daur ulang' sampel loop tepat di track audio VST tanpa menggunakan sampler hardware khusus. VST Audio mesin sekarang dapat dinonaktifkan sementara VST berjalan (dari dalam Audio Sistem Menu) atau dengan meluncurkan program sambil menahan tombol Shift.
·         Cubase VST24 3.6 1998, 96 track, submixers, ReWire, 8 FX mengirim dan delapan aux. VST / 24 3.6 mendukung seluruh fungsi kartu DSP Pabrik Yamaha.

·         Cubase VST24 3.7 Windows, Jul 1999, versi ini diperkenalkan VST 2.0, yang memungkinkan plugin VST untuk menerima data MIDI dari Cubase. Hal ini juga memperkenalkan konsep instrumen VST - implementasi awal dari VST telah bias terhadap efek plugin - dan termasuk Neon, instrumen VST gratis. VST24 3.7 adalah sequencer pertama yang mendukung instrumen VST, seperti Steinberg telah menemukan "VSTi" spesifikasi.

·         Cubase VST24 4.0 Macintosh 1998, Macintosh saja. Cubase VST24 4.0 sekarang menawarkan 96 lagu dari 24 bit, 96 kHz audio digital dengan Digidesign Pro Tools 24 digital sistem hardware audio.
·         Cubase VST24 4.1 Macintosh, Jul 1999, Macintosh saja. Didownload sebagai upgrade gratis ke pemilik VST24 4.0. Diperkenalkan VST 2.0 (dan karena itu adalah pertama untuk memberikan VST instrumen kemampuan pada mac), ASIO 2.0, dukungan DSP Pabrik, dukungan TDM dan banyak lagi. Selain itu, Cubase VST / 24 bagian / EQ Mixer termasuk perpanjangan dengan lima modul baru real-time processing - Compressor, Limiter, Auto Gate, Auto Batas dan Soft Klip. Sejumlah elemen VST bisa juga sekarang dikendalikan dari jarak jauh melalui perangkat eksternal seperti Yamaha 01-V.

·         Cubase VST32 5.0, Sep 2000, update monumental dengan produk platform windows membawanya sinkron dengan produk macintosh yang telah termasuk lebih banyak fitur seperti: 15.360 ppqn resolusi internal Trek Folder, Marker Trek, Panjang Nama Track, Transportasi Bar opsi tampilan, Toolbar dan kunci perintah pengguna-didefinisikan, diperpanjang Inspektur, Peningkatan drag dan drop, Toolbox Ditingkatkan (termasuk Rentang Selection tool), New Pengendali Editor, alur dan preset logis, Jendela Set, Dedicated MIDI lagu Mixer. Versi terakhir masih kompatibel dengan windows 95. Menerapkan update ke 5.1 dikatakan membutuhkan windows 98.

·         Cubase VST32 5.1, 2001, Apakah tersedia secara individual dan sebagai bagian dari Produser Pack menampilkan Recycle lingkaran editor dan instrumen virtual (format non-VST) Rebirth, program yang dikembangkan oleh Propellerheads tetapi didistribusikan oleh Steinberg. The Propellerheads produk datang di Mac dan PC CD yang kompatibel, tetapi disk dan pengait serial untuk Cubase adalah PC-satunya. Terutama diperkenalkan untuk berjalan pada sistem operasi Windows XP baru.

·         Cubase SX1.0 / Cubase SL1.0 2002, Cubase SX1.0 dirilis sebagai generasi berikutnya setelah Cubase VST. Hal itu didasarkan pada program sister kontemporer, Nuendo V1.0, dan menulis ulang total selama versi sebelumnya Cubase. Meskipun membawa perbaikan besar dalam stabilitas dan fitur berkualitas, ada banyak fitur dari Cubase VST yang tidak membuatnya menjadi versi baru, banyak yang jengkel pengguna melakukan upgrade dari versi sebelumnya. Sekolah menggunakannya dan ditujukan tahun 9 dan ke atas. Salah satu perbaikan penting dari Cubase SX adalah suaranya. Suara Cubase VST dianggap rendah [rujukan?] Dengan pesaingnya dan Cubase SX dikoreksi ini dengan warisan nya mesin audio Nuendo ini

·         Cubase SX1 memperoleh respon, memiliki minimal kode perlindungan salinan mengganggu. Terutama kode perlindungan salinan tertanam di Key Editor, di mana pengguna bisa bergerak catatan MIDI. Salah satu peringatan dari Cubase SX1 adalah hilangnya Acara Dinamis, fitur utama dari Cubase VST.
·         Cubase SX 1.0 adalah versi Cubase pertama untuk tidak membuka Cubase VST lagu dan proyek. Cubase SX 1.0 memungkinkan Anda untuk mengimpor proyek VST dan menyimpannya dalam format yang baru * .cpr. Namun fitur impor tidak bekerja dengan baik.

·         Cubase SX 2.0 / Cubase SL2.0 2003, Cubase SX2.0 dielu-elukan oleh banyak orang sebagai sebuah lompatan besar dalam fungsi. Salah satu fitur yang paling inovatif disebut Timewarp. Hal ini memungkinkan pengguna untuk merekam musik baik sebagai MIDI dan / atau Audio di freetime, tanpa klik atau metronom, dan kemudian memindahkan bar dan ketukan grid untuk musik, secara otomatis menciptakan lagu tempo. The Timewarp alat benar-benar memungkinkan pengguna untuk memindahkan gridlines.

·         Cubase SX2.0 juga melihat pengenalan penuh PDC (plug-in delay kompensasi). Banyak plug-in, terutama yang berjalan pada DSP Kartu seperti UAD-1 atau Powercore, tidak dapat memproses audio mereka dalam jangka waktu 1-sampel dan karena itu memperkenalkan latency tambahan ke dalam sistem. Dicentang, ini akan menyebabkan beberapa saluran audio berakhir tidak sinkron dengan orang lain. PDC memeriksa semua berbagai latency diperkenalkan oleh plug-in tersebut dan menciptakan suara delay buffer untuk memastikan bahwa audio dari semua saluran yang akan disinkronkan dengan benar.
·         Cubase SX 3.0 2004, Salah satu fitur utama tiba dengan Cubase SX3.0 adalah Audiowarp. Audiowarp diperbolehkan Audio untuk tetap sinkron dengan proyek bahkan setelah mengubah tempo. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk menerapkan 'tempo jangkar' untuk file audio yang diimpor dalam rangka bahwa itu akan sync ke tempo proyek terlepas dari tempo aslinya. Audiowarp sebagian besar berhasil, tetapi memiliki kelemahan utama dalam hal itu tidak bekerja dengan proyek-proyek tempo variabel. Ini karena peta tempo itu disalin ke file audio ketika modus musik diaktifkan berasal dari pengaturan tempo tetap proyek daripada dari lagu tempo. Meskipun demikian Audiowarp adalah tambahan penting untuk fitur musik Cubase. Meskipun peringatan, memiliki kemampuan untuk mengubah tempo sepotong musik dan memiliki track audio mengikuti tempo baru ini merupakan fasilitas yang penting dalam produksi musik.
·         Cubase SX 3.1, 31 Agustus 2005
·         Cubase SX 3.1.1, 20 Oktober 2005
·         Cubase 4.0 2006, Cubase 4.0 menandai berakhirnya SX, SL dan SE sebutan, dengan SX menjadi Cubase 4, SL menjadi Cubase Studio 4 dan SE menjadi Cubase Essentials 4. Hal ini juga menandai berakhirnya DX plug-in mendukung, memperkenalkan baru VST 3 plug-in standar. Apapun alasan teknis atau ekonomi Steinberg memiliki untuk menjatuhkan penggunaan DX plug-in di Cubase 4, itu memiliki dampak besar pada kepuasan pelanggan. Selain itu, tidak ada pengumuman sebelum sebelum rilis untuk memungkinkan pengguna untuk merencanakan ke depan. Itu sampai ke pengguna di forum Cubase mengumumkan bahwa DX plug-in tidak lagi didukung dalam program ini. Di sisi lain, DirectX plug-in dapat diintegrasikan dengan menggunakan pihak ketiga pembungkus DirectX-VST. DirectX plug-in telah kehilangan peran penting mereka dalam plug-in pasar, yang sekarang terutama didasarkan pada VST dan AU.
·         Cubase 4 adalah versi pertama Cubase tidak mendukung impor Cubase VST lagu dan proyek. Untuk memberikan kemampuan untuk mengimpor lebih tua proyek Cubase VST dan lagu Steinberg memutuskan untuk membuat sebelumnya Cubase SX3 dan Cubase SL3 versi yang tersedia sebagai download.
·         Cubase 4.0 membawa perubahan GUI. Secara umum GUI lebih gelap dari versi sebelumnya, Cubase SX3, dan secara keseluruhan disambut hangat, meskipun beberapa unsur yang dianggap oleh banyak pengguna menjadi sedikit terlalu gelap pada beberapa monitor. Dengan versi ini sistem yang telah ditetapkan berubah. The FXP (Preset) dan FXB (Bank) file dihentikan bersama dengan menu XML preset drop-down. Mereka digantikan oleh sistem yang telah ditetapkan yang mengintegrasikan dalam fitur baru, Media Bay, yang memungkinkan kategorisasi lebih dalam dan manajemen preset dengan mengorbankan ergonomi / kecepatan.
·         Cubase 4.1, 23 Oktober 2007, Terlepas dari sejumlah perbaikan bug, V4.1 menambahkan beberapa fitur baru, termasuk sidechaining, Gratis Grup Routing, Project Editor logis, dan Recording dari Sum Objects. Fitur yang ada juga ditingkatkan termasuk Play Orde Track dan Audiowarp, yang sekarang terintegrasi ke dalam Contoh Editor Audio.
·         Cubase 4.5, September 3, 2008
·         Cubase 4.5.2, September 11, 2008
·         Cubase 5.0, 27 Januari 2009
·         Cubase 5.0.1, April 8, 2009
·         Cubase LE 5, 2009, Cubase LE 5 adalah versi sederhana dari Cubase untuk merekam kurang rumit, sering dibundel dengan pembelian antarmuka audio digital.
·         Cubase 5.1, 24 Agustus 2009
·         Cubase 5.1.1, 12 Desember 2009
·         Cubase 5.5.1, 21 Juni 2010
·         Cubase 5.5.2, November 9, 2010
·         Cubase 5.5.3, 29 Maret 2011
·         Cubase 6.0, 17 Januari 2011. Cubase 6.0 dirancang untuk berjalan pada 64-bit Windows 7. Pendahulunya bisa berlari hingga sistem operasi Windows Vista tetapi bekerja pada Windows 7 juga. Cubase 6 fitur baru VST 3.5 standar, yang memperkenalkan fitur baru seperti Catatan Expression. Dengan Catatan Expression, keterbatasan peristiwa MIDI controller yang dielakkan, memungkinkan informasi artikulasi untuk catatan individu - bahkan dalam pengaturan polifonik (misalnya chords).

·         Cubase 6.5, 29 Februari 2012
·         Cubase 7.0, 5 Desember 2012. Fitur baru termasuk MixConsole, alur kerja ditingkatkan termasuk kemampuan layar penuh, dan didesain ulang saluran strip dan saluran sentra. Ini juga termasuk Chord lagu baru dan Asisten Chord.
·         Cubase 7.5, 4 Desember 2013, Tambahan dari alur kerja seperti TrackVersions alternatif dan sistem manajemen visibilitas track. Ini juga termasuk Groove Agent SE 4, Bapak Halion Sonic SE 2, LoopMash FX dan reverb Wahyu.
·         Cubase 8.0, 3 Desember 2014. Kinerja dorongan untuk lebih instrumen, lebih trek dan lebih pendek waktu loading / tabungan. VCA fader untuk kompleks pencampuran dan otomatisasi alur kerja. Render di tempat: Bounce MIDI dan bagian audio dengan mudah. Bantalan Chord: Sebuah cara yang bagus untuk main-main dan kreatif menulis dengan akord. Peningkatan jendela penanganan pada PC, rak dockable dan MediaBay ditambah didesain ulang Track List. Groove Agent SE 4 Acoustic Agen memberikan virtual drummer akustik kelas dunia. Plug-in manager: Susun, mengurutkan dan kelompok efek dan instrumen. New Virtual Bass Amp, Quadrafuzz v2, Multiband Expander, efek Multiband Amplop Shaper. Update pencampuran: wilayah Virgin modus otomatisasi, routing langsung dan Gelombang Meter. Allen Morgan Pop-Batu Toolbox: 30 kit konstruksi, masing-masing dengan 25 sampai 30 audio dan MIDI loop.

Catatan

Cubase telah ada di tiga inkarnasi utama - awalnya Cubase, yang menampilkan hanya MIDI, dan yang tersedia di Atari ST, Macintosh dan Windows. Setelah periode singkat dengan integrasi audio, versi berikutnya, Cubase VST, fitur lengkap rekaman audio terintegrasi dan pencampuran bersama dengan efek. Ia menambahkan dukungan VST, standar untuk audio plug-in, yang menyebabkan sejumlah efek pihak ketiga, baik freeware dan komersial.

Cubase VST hanya untuk Macintosh dan Windows - dukungan Atari telah efektif turun saat ini, meskipun hardware seperti masih menjadi andalan di banyak studio. Cubase VST adalah menawarkan sejumlah besar kekuatan untuk pengguna rumahan, tetapi perangkat keras komputer mengambil beberapa waktu untuk mengejar ketinggalan.

Pada saat itu, kemampuan editing audio VST yang ditemukan kurang, jika dibandingkan dengan pesaing seperti Pro Tools DAE dan Digital Performer MAS.
Untuk mengatasi hal ini, versi yang sama sekali baru dari program, Cubase SX (berdasarkan andalan software pasca-produksi Steinberg Nuendo) diperkenalkan, yang secara dramatis mengubah cara program berlari. Versi ini diperlukan kurva belajar yang curam untuk pengguna Cubase versi lama. Namun, setelah metode baru bekerja yang dipelajari, perbaikan dalam penanganan audio dan otomatisasi dibuat untuk sequencer lebih profesional dan editor audio.

Sebuah perbaikan penting dengan pengenalan Cubase SX adalah editing audio canggih, terutama kemampuan untuk 'membatalkan' audio yang suntingan. Versi awal dari Cubase VST tidak memiliki kemampuan ini. Cubase SX juga menampilkan real-time waktu-peregangan dan penyesuaian tempo audio, seperti Sonic Foundry tanah-melanggar ACID.
Pada bulan September 2006 Steinberg Cubase mengumumkan 4 - penerus Cubase SX3. Fitur baru penting termasuk 'ruang kontrol', sebuah fitur yang dirancang untuk memudahkan penciptaan monitor campuran, dan satu set baru VST3 plug-in dan instrumen.
Ada juga alternatif ekonomi yang lebih ringan oleh Steinberg, awalnya bernama Cubasis, kemudian menjadi Cubase SE dan kemudian Cubase penting di versi 4. Untuk generasi keenam, program ini berganti nama Cubase Elements 6. Perubahan nama dilakukan mungkin, karena Cakewalk saingan memiliki mengambil "Penting" merek untuk perangkat lunak sendiri entry-level DAW, Sonar X1 penting.

Sementara versi lengkap dari Cubase fitur audio yang tak terbatas dan track MIDI, versi yang lebih rendah memiliki batasan. Misalnya, Cubase Elements 6 memiliki maksimal 48 audio lagu dan 64 lagu MIDI dan Cubase Artist 6 Penawaran 64 audio dan 128 track MIDI.
Pada 2013 Steiberg diperkenalkan Cubasis untuk iPad - versi iOS dari Cubase. Meskipun versi iOS dikembangkan dari bawah ke atas mendukung midi dan track audio, audiobus dan virtual midi untuk bekerja dengan aplikasi musik eksternal dari versi pertama. 2014 Update membawa otomatisasi dan Inter-App Audio (teknologi Apple untuk menghubungkan aplikasi audio) .

Format file

Dari Cubase 1.0 (1989) untuk Cubase VST 5.1 (2001) format file yang digunakan oleh Cubase adalah .all (lagu Cubase) dan .arr (pengaturan Cubase) file. Itu mungkin untuk membuka file hanya pada versi Cubase identik dengan atau lebih baru dari versi yang disimpan file. Upgrade ke versi baru dari Cubase adalah bukan masalah besar.
Dimulai dengan Cubase SX 1.0 (2002) format file diubah menjadi .cpr (Cubase Berkas Proyek) dan .npr (Berkas Nuendo Project). Hal ini dimungkinkan untuk membuka file pada baru dan, dalam beberapa kasus, versi yang lebih lama. Sebagai contoh, file yang disimpan di SX2 akan terbuka di SX3 dan bekerja dengan sempurna, jika set VST adalah sama. Ada juga laporan, bahwa proyek dari SX3 akan terbuka di SX2. [Rujukan?]
Cubase SX 1.0 adalah versi Cubase pertama untuk tidak membuka Cubase VST lagu dan proyek. Cubase SX 1.0 memungkinkan Anda untuk mengimpor proyek VST dan menyimpannya dalam format yang baru * .cpr. Namun fitur impor tidak bekerja dengan baik. Cubase SX 3.1.1 (2005) masih dapat mengimpor Cubase VST lagu, tetapi dengan banyak keterbatasan. Beberapa data penting tidak diimpor dari Cubase VST lagu:

·         Tempo
·         Beberapa lagu bagian
·         Mute / pilihan jalur un-mute 

Cubase 4 adalah versi pertama Cubase tidak mendukung impor Cubase VST lagu dan proyek. Untuk memberikan kemampuan untuk mengimpor lebih tua proyek Cubase VST dan lagu Steinberg memutuskan untuk membuat sebelumnya Cubase SX3 dan Cubase SL3 versi yang tersedia sebagai download. Tapi, karena kemampuan impor terbatas Cubase SX, pengguna Cubase 4 dipaksa untuk menggunakan Cubase VST untuk bekerja pada file Cubase VST tua atau secara manual ekspor trek tunggal dan kemudian membuat proyek baru di Cubase 4. Ini juga telah dilaporkan, bahwa ada masalah kompatibilitas antara versi Cubase yang berbeda menggunakan format * .cpr.

Instrumen VST

Cubase VST 3.7 pada tahun 1999 memperkenalkan instrumen antarmuka virtual untuk synthesizer software yang dikenal sebagai VSTi. Hal ini memungkinkan untuk programmer perangkat lunak pihak ketiga untuk membuat dan menjual instrumen virtual untuk Cubase. Teknologi ini telah menjadi standar de facto untuk perangkat lunak DAW lain, ketika mengintegrasikan instrumen berbasis perangkat lunak pada Macintosh dan platform Windows. Sebuah versi baru dari VST, VST3, diperkenalkan dengan Steinberg Cubase 4 yang diperkenalkan sidechaining, antara fitur-fitur lainnya. Cubase 6 termasuk VSTS seperti Halion Sonic SE, Groove Agent ONE, LoopMash 2 dan VST Amp Rack.



Terimakasih Telah Berkunjung salam sukses buat kita semua < CREATIVE MUSIK LAB >
AUTHOR BY KNAEN CREATIVE


.
Share this article :